Segudang Manfaat Air Kelapa dan Cara Konsumsinya


News

Air kelapa tak kalah penting jika dibandingkan dengan buah lainnya seperti apel, jeruk, dan lainnya. Itu karena manfaat yang ditawarkannya untuk tubuh kita.

 

Cuaca panas di negara tropis seperti Indonesia menyebabkan lebih banyak keringat dan dehidrasi. Air kelapa bantu gantikan keringat yang hilang, dan jaga tubuh terhidrasi.

 

Akan sayang sekali jika Anda melewatkan sederet manfaat air kelapa berikut ini :

 

1. Turunkan berat badan.

 

Air kelapa bisa menghidrasi tubuh dan mencegah penyimpanan lemak pada tubuh. Selain itu, kandungannya juga rendah kalori dan gula. Alasan ini cukup membuat Anda terhindar dari penambahan berat badan.

 

2. Memperkuat Hati

 

Sejumlah penelitian mengemukakan bahwa air kelapa mampu atasi kolestrol jahat. Tidak hanya itu, air dengan rasa lezat itu juga menggantinya dengan kolestrol baik. Penderita masalah tekanan darah dan sejumlah penyakit serius lainnya juga dianjurkan meminum air kelapa.

 

3. Kulit Bercahaya

 

Ada banyak polusi di sekitar kita. Pola makan yang buruk dan kebiasaan gaya hidup membuat kulit kita kusam. Pola hidup tidak sehat berdampak buruk pada kulit kita. Paparan polusi, makanan berminyak, dan kebiasaan merokok bisa merusak kecerahan dan tampilan kulit Anda.

 

Selain itu, ada bakter yang menyebabkan timbulnya noda pada kulit. Minum air kelapa secara teratur bantu atasi bakteri tersebut dan mengembalikan kilau kulit seperti yang Anda inginkan.

 

4. Mengelola Diabetes

 

Gula darah yang tidak terkontrol bisa menyebabkan diabetes. Minum air kelapa mampu mencegah hal itu terjadi lewat kandungan serat dan magnesiumnya.

 

5. Dapat mengurangi kelelahan dan stres

 

Pasti Anda pernah merasakan suasana hati yang begitu kacau. Entah itu karena tugas di kantor, atau macetnya kendaraan. Hal-hal seperti ini bisa memicu stres dan marah berlebihan.

 

Jika stres sudah tidak tertahankan, cobalah minum secangkir air kelapa. Kandungan di dalamnya bisa membuat pikiran Anda tenang dan lebih rileks.

 

6. Antiinflamasi

 

Air kelapa memiliki sifat anti-inflamasi yang tak perlu diraguan. Peradangan bagian dalam tubuh bakal berkurang saat dikonsumsi. Ini juga dapat diterapkan pada bagian luar seperti bisul dan ruam untuk mengurangi peradangan.

 

Kelapa yang segar adalah anugerah bagi kita semua. Ini membawa manfaat besar bagi tubuh manusia dan dapat dianggap sebagai promotor penting kesehatan. Saat cuaca tak bersahabat, ganti minuman dingin dan minuman soda lainnya dengan kelapa.

 

Minumlah juga yang alami. Kurangi minuman kemasan, karena mengandung bahan kimia tambahan untuk meningkatkan umur simpan.

 

Tak heran bila buah yang digemari di daerah tropis ini punya banyak penggemar. Selain rasanya enak, kelapa juga memiliki khasiat tinggi. Cocok sekali bila diminum ketika cuaca sedang panas, atau saat berlibur di pantai bersama keluarga dan orang terkasih.

 

Bagaimana cara memilih air kelapa yang paling sehat?

air kelapa

Air kelapa adalah minuman yang relatif rendah kalori dengan gula jauh lebih sedikit dibandingkan minuman kemasan. Air kelapa alami dan langsung diminum dari buahnya adalah pilihan terbaik.

 

Versi kalengan dan karton umumnya telah diproses dengan serangkaian proses untuk memperpanjang umur minuman tersebut. Selalu periksa labelnya dan cari air kelapa murni.

 

Hindari varian rasa karena cenderung memiliki kandungan gula lebih tinggi, sehingga kalorinya juga lebih tinggi.

 

Saat membaca label, lihat per 100g / ml. Produk rendah gula harus kurang dari 2,5 g per 100 g / ml. Jika ingin rendah garam, idealnya di bawah 0,3 g atau 0,1 g natrium.

 

Berapa Banyak yang Harus Anda Konsumsi?

 

Air kelapa bisa dikonsumsi langsung, atau dicampur dengan minuman segar lainnya. Saking nikmatnya, kadang orang meminumnya dalam jumlah banyak.

 

Ditambah lagi saat sehabis olahraga, atau dalam keadaan sangat haus. Tidak ada aturan tegas mengenai jumlah yang harus dikonsumsi setiap hari.

 

Namun, beberapa ahli menyarankan agar Anda aktif berolahraga kalau ingin minun dalam jumlah banyak. Ini karena tiap 8 ons nya mengandung 45 sampai 60 kalori.

 

Ingin menikmati rasa lezat kelapa? Hindari jika warna cangkangnya coklat dan kulitnya terlalu keras. Ini merupakan indikasi bahwa kelapa tersebut sudah tua atau matang.

 

Sebaliknya, cari yang muda dan hijau di bagian luar. Biasanya, kandungan airnya lebih banyak dibanding kelapa tua. Uji dengan mengocoknya ke atas dan ke bawah berulang-ulang. Jumlah airnya bakal terungkap, lalu giliran Anda menentukan pilihan.

 

Bahaya minum air kelapa

 

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, apakah air kelapa aman dikonsumsi setiap hari? Bagi masyarakat umum, air kelapa dianggap aman dikonsumsi dan merupakan sumber elektrolit lezat alami. Namun, ada beberapa pengecualian yang harus diperhatikan.

 

Jika Anda mengalami gagal ginjal, berhati-hatilah saat meminum air kelapa karena kandungan kaliumnya tinggi. Meskipun nutrisi ini biasanya menyehatkan tubuh, kondisi gagal ginjal tidak dapat membuang kandungan kalium berlebihan. Anda wajib memantau berapa asupan yang masuk ke tubuh.

 

Air kelapa dapat memberikan kalium dalam jumlah banyak, terlebih lagi jika dikonsumsi teratur setiap hari.

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.

Baca juga : Pentingnya Menjaga Sistem Imun Agar Terhindar dari Penyakit
Apa Itu Obesitas dan cara menanggulanginya


 

 

 

Sumber gambar : 

Flickr.com


Archive