Fakta Menarik Tentang Makanan Indonesia dan Kekayaan Rasanya


News

Indonesia punya banyak sejarah di bidang makanan, yang bila dikulas bisa menjadi fakta menarik. Banyak orang beranggapan kalau makanan Indonesia kaya akan rasa. Mungkin Anda sudah tahu kalau rempah-rempah memegang pengaruh besar dibalik hal tersebut. Makanan Indonesia memiliki kekayaan rasa bukan secara tiba tiba. Bila ditarik benang merahnya, banyak faktor yang mempengaruhi mengapa hal itu terjadi. Berikut beberapa fakta menarik tentang makanan di Indonesia.

 

1. Sejarah Makanan Indonesia

 

Fakta menarik yang pertama tentunya mengenai sejarah makanan Indonesia. Karena letak geografisnya yang menguntungkan, Indonesia disinggahi banyak pedagang dan pelancong dari seluruh dunia. Banyak pemburu rempah-rempah dari penjuru dunia yang singgah sebagai pendatang, atau bahkan menetap. Indonesia dikenal karena kekayaan rempah-rempahnya, khususnya di wilayah timur.

 

Di luar itu, Indonesia juga menerima banyak referensi makanan dari belahan dunia lainnya. Sebagian besar makanan tersebut ini dibawa oleh pedagang dari India, Eropa hingga Timur Tengah. Inilah alasan mengapa Indonesia memberikan pengaruh besar di bidang makanan.

 

2. Pengaruh Tiongkok

 

Fakta menarik lainnya tentang makanan Indonesia adalah pengaruh kuat dari imigran Tiongkok. Melalui perdagangan yang ada sejak dulu, bahan-bahan seperti teh, mie, kubis, kedelai, dan metode memasak seperti menumis masuk ke Indonesia.

 

Saat mereka mulai menetap di negara ini, tradisi dan resep oriental berpadu dengan budaya lokal. Bahkan, nasi goreng pun ternyata diadopsi dari tradisi masyarakat Tionghoa, yaitu menggoreng sisa nasi di pagi hari. Demikian pula makanan populer seperti siomay, bakso, dan mie yang kita nikmati sampai sekarang juga terpengaruh dari Tiongkok.

 

3. Makanan pokok

 

Fakta menarik berikutnya adalah beras sudah jadi makanan pokok sejak dahulu. Namun di beberapa pulau, makanan bertepung seperti mie, jagung, sagu, singkong masih menjadi makanan pokok tiap makanan. Tetap saja, nasi adalah pilihan mayoritas orang Indonesia dan memegang nilai penting dalam budaya kita.

 

4. Sambal dan Indonesia

 

Salah satu kondimen paling terkenal dari Indonesia adalah Sambal. Mungkin fakta ini tidak terlalu membuat Anda berdecak kagum. Sambal terbuat dari berbagai macam bumbu masakan seperti cabai, bawang merah dan bawang putih. Sambal bisa disajikan sebagai lauk atau sebagai pengganti cabai. Makan cabai telah menjadi budaya dan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri.

 

5. Makanan terbaik di dunia

 

Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahui fakta menarik satu ini. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai makanan terbaik dalam daftar 50 Makanan Terbaik Dunia versi CNN. Dalam daftar terbaru di tahun 2017, rendang menempati urutan pertama. Urutan kedua dihuni oleh Nasi Goreng. Daftar tersebut disusun oleh CNN dan pemenang dipilih lewat pemungutan suara di Media sosial. Facebook. Dari 35.000 suara, Rendang dan Nasi Goreng menempati posisi pertama dan kedua. Sementara itu, ikon kuliner Indonesia lainnya, Sate, juga berhasil menduduki peringkat ke-14. Ini menegaskan kekuasaan Indonesia atas makanan yang paling digemari di dunia.

 

Itulah fakta menarik tentang makanan kita. Ada anggapan bahwa bila Anda memijak tanah diluar Indonesia, rasa kangen terhadap makanan Indonesia bakal sulit terbendung. Dari nikmatnya rendang sampai gurihnya sate akan membekas di ingatan. Begitu banyak makanan khas dengan rasa unik yang tidak bisa didapatkan dari mana pun, selain dari Indonesia.

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.
Ikuti Cara Ini Untuk Memasak Daging Sapi Dengan Baik


 

 

 

Sumber :

Luxofood.com. (n.d). 5 Interesting Facts About Indonesian Food History. Diakses pada 12 April 2021, dari https://luxofood.com/5-interesting-facts-about-indonesian-food-history/

 

Sumber gambar :

commons.wikipedia.org

 

 

 

 

 

 

 

 


Archive