Tepung Jagung dan Perbedaannya dengan Tepung Maizena


News

Tepung jagung adalah sejenis tepung yang digiling dari biji jagung utuh yang telah dikeringkan. Isinya berupa endosperma jagung dan masuk ke golongan tepung gandum utuh. Tepung jagung biasanya berwarna kuning, putih atau biru tergantung jenis jagung yang digunakan. Teksturnya sedikit mirip dengan tepung terigu utuh.

 

Seperti semua tepung, tepung jagung memberi sentuhan tekstur pada olahan makanan. Dan seperti tepung pada umumnya, tiap butirnya biasa ditemani oleh telur. Tepung jagung terasa hambar bila dimakan mentah.

 

Potensi besarnya baru keluar jika dipanggang atau digoreng. Anda akan merasakan sedikit rasa manis, tergabung dengan tekstur yang agak renyah.  Tepung jagung sangat serbaguna, dan Anda dapat memasukkannya ke dalam resep roti, muffin, wafel, pancake, dan banyak lagi.

Apa beda tepung jagung dan tepung maizena?

 

Tepung jagung sering disebut sebagai tepung maizena. Namun faktanya, dua jenis tepung ini ternyata berbeda. Selain dari proses pembuatan, perbedaan utama terletak pada rasa, tekstur, bahkan manfaat kesehatan yang ditawarkan.

 

Satu kesamaan yang mereka miliki yaitu keduanya bebas gluten. Gluten adalah jenis protein yang biasanya berasal dari sumber berbasis oat, seperti gandum, gandum hitam, barley, dan sejenisnya.

 

Karena khasiat ini, tepung jagung dan tepung maizena menjadi pilihan bagus bagi penderita penyakit celiac, atau hanya ingin menghindari penggunaan gluten. Terlepas dari kesamaan ini, kedua bahan tidak dapat menggantikan satu sama lain

 

Karena sifatnya yang kaya protein, Anda dapat menggunakan tepung jagung untuk memanggang roti, kue kering, dan makanan serupa lainnya. Tekstur tepung jagung yang halus dan halus menghasilkan hasil yang lapang dan tidak terlalu rapuh. Ini juga dapat digunakan dalam resep di mana tepung jagung digunakan.

 

Di sisi lain, karena tepung maizena tidak mengandung protein dan nutrisi serupa lainnya, maka tidak akan bertahan dengan baik dalam pemanggangan. Sebaliknya, ia memiliki kemampuan untuk mengentalkan campuran. Bahkan, kemampuan tersebut dimiliki dua kali lipat dari tepung terigu biasa.

 

Gunakan tepung maizena untuk mengentalkan saus dan semur, campur dengan cairan panas agar tidak menggumpal.

 

3 kegunaan kuliner tepung jagung

 

Berikut adalah beberapa cara menyulap sekantong tepung jagung menjadi makanan : 

 

Kue bebas gluten:

 

Sebagai tepung bebas gluten, tepung jagung adalah pilihan populer untuk makanan yang dipanggang tanpa gandum, dari roti hingga wafel.

 

Lapis makanan:

 

Tepung jagung telah lama digunakan untuk melapisi makanan yang digoreng, seperti udang. Ini menambahkan rasa jagung yang menyenangkan dan renyah, tanpa memerlukan jagung asli.

 

Kue :

 

Anda bisa menggunakan tepung serbaguna dan tepung jagung pada kreasi kue buah-buahan .

 

Kegunaan diluar kuliner

 

Pembersih alami bulu hewan peliharaan

 

Pada dasarnya, fungsinya sama seperti sampo kering hewan peliharaan. Taburi hewan peliharaan dengan tepung jagung. Sikat dan sisir untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel di bulu hewan peliharaan Anda.

 

Menghapus noda darah

 

Buat salep dari tepung jagung dan air dingin. Gosokkan ke noda dan biarkan mengering di bawah sinar matahari Jika sudah, angkat salep dari noda tersebut. Jika noda masih membandel, ulangi lagi prosesnya.

 

Membersihkan jendela

 

Agar jendela Anda bersih berkilau, campurkan 1/2 cangkir amonia, 1/2 cangkir cuka putih, dan 2 sendok makan tepung maizena ke dalam seember air hangat. Oleskan larutan ke jendela dengan kain bersih, lalu lap menggunakan koran atau kain polos.

 

 

Mandi Susu

 

Kombinasi susu, tepung jagung, dan soda kue dengan beberapa minyak esensial adalah resep memerangi kulit bersisik dan kering terutama saat cuaca dingin. Campurkan dalam botol 2 cangkir susu bubuk, ½ cangkir tepung jagung, ½ cangkir soda kue.

 

Setelah tercampur rata, tambahkan sedikit tetes minyak esensial seperti lavender. Biarkan selama 24 jam sebelum digunakan. Tambahkan 1-2 cangkir campuran ini ke dalam air panas, kemudian nikmatilah sensasinya. Ini juga cara yang bagus untuk memanjakan diri.

 

Iritasi Kulit

 

Bila kulit terlalu lama dibawah sinar matahari atau terkena gigitan nyamuk, oleskan salep yang terbuat dari 3 sdm tepung jagung. Tambahkan sedikit air dingin hingga iritasi reda.

 

Meksi sedikit kalah pamor dari tepung maizena, tepung jagung cukup dibutuhkan di dunia kuliner. Kandungan protein dan bebas gluten menjadikannya bahan unggulan.

 

Artikel lainnya dapat Anda kunjungi di Pangansari.

 

Baca juga : Cara Memilih Buah Segar dan Berkualitas Untuk Keluarga

 


 

 

 

Sumber gambar:

Flickr.com


Archive